Meriahnya Japan LovEvolution Malang

Senin, September 17, 2018 Unknown 0 Comments



Oleh fauzyedugawa
Maaf jika baru menulisnya sekarang sebenarnya ini/artikel ini diperuntukkan untuk tugas Broadcasting semasa kuliah sengaja saya upload di blog ya biar nggak lupa biar otak saya nggak lupa jika pernah menulis seperti ini tujuannya nantinya biar menulis artikel yang lain juga lebih leluasa dan dengan harapan nantinya supaya saat berbicara dengan orang-orang tidak kagok berikut pengalaman saya saat mengikuti acara "Japan LovEvolution 2016" :D 

Acara “Japan LovEvolution 2016” yang telah di gelar kemarin (14 Februari 2016). Ini merupakan ajang berkumpulnya para pecinta anime yang di selenggarakan oleh
HIMA Jurusan Manajemen Universitas Widyagama Malang. Dalam acara tersebut, terdapat berbagai booth yang menyajikan produk yang tentunya berhubungan dengan anime dan Jepang.
Acara yang dimulai jam 11 siang, begitu banyak yang hadir dalam event ini . Konten Acara yang di hadirkan yaitu Cosplay Competetition, Dance Competition, Japan Food & Bazaar, J – Band, Games yang tentunya menghadirkan special performance yang mulai dari Hyaku Shiki, Koyora, Daisy and Aster, Jack Rabbit, Baby Metal Malang, Moon Beams, kinishinai, Panda Hero, Eternal Dragon Flame dan13 Stairs dan masih banyak keseruannya yang lainnya , dana pa saja sih keseruannya acara Japan LovEvoution Malang di Universitas Widyagama kita simak ulasan berikut :

Kesempatan Berfoto Bersama
Diacara ini merupakan kesempatan penggemar anime untuk bisa berfoto besama dengan karakter yang mereka dambakan selama ini, para menggemar mendepatkan kesempatan itu setelah para peserta cosplayer tampil di atas panggung.

Terkadang untuk menarik sebuah perhatian para Cosplayer tidak segan – segan menunjukkan atau memerankan adegan karakter yang sebenarnya untuk menarik perhatian pengunjung, dari situ acara semakin tambah meriah.
Bagi kamu yang belum mengerti apa itu Cosplay, saya akan jelaskan menurut laman id.wikipedia, Cosplay (コスプレ Kosupure?) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam animemangadongengpermainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai coser, salah satu cosplayer berbakat di Indonesia adalah Yukitora Keiji.
Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.




Bermain Game
.

Di beberapa booth juga terdapat stand komunitas game seperti OSU Circle Malang, Dota
disini juga merupakan hal yang menarik karena sebelumnnya saya juga belum mengetahui jika di malang juga ada perkumpulan para pemain game OSU yang selama ini hanya chat pada saat bermain game tersebut, pada saat saya mendatangi stand tersebut banyak hal yang menarik
itu karena para player yang saya lihat sudah berbeda level dengan saya hehe.
Kata “Osu!” sendiri diambil dari kata bahasa Jepang yang artinya kira-kira “Hoy”, “Oi”, “Yo” dan biasanya diucapkan untuk menyapa. Game osu! ini tentu pembuatnya orang Jepang. Game osu! sendiri merupakan rhytm game, dalam game ini kita harus mengikuti setiap Circles, Slide balls, dan Spinners sesuai ritme lagu. Selain mode osu, game ini juga menyediakan mode Taiko (drum), Osu! mania (piano), dan Catch the beat (menangkap buah sesuai ritme lagu)
Bagus atau tidaknya kita bermain bisa dilihat di akhir permainan berupa Ranking, Rank “D” untuk kurang, “C” untuk cukup, “B” baik, “A” sangat baik, “S” Perfect, dan “SS”  untuk super perfect (accurancy 100%) . Oiya game ini memungkinkan kita untuk bermain multiplayer bersama pemain lain.
Kenapa game ini bisa terkenal di kalangan anime lovers? Karena lagu-lagu (beatmaps) yang ada di game ini kebanyakan soundtrack anime. Tapi bagi yang non-anime-lovers jangan khawatir, banyak juga kok beatmaps selain soundtrack anime^^ lagu Indonesia pun ada lhoo~ Atau jika tidak ada lagu kesukaan kalian, ya tinggal bikin beatmap sendiri! Karena Osu! menyediakan fitur untukmembuat beatmap sendiri. Gampang kan?

Japan Food & Bazaar
.

Kesenangan dalam acara ini masih belum sampai di situ saja Jepang dengan keseluruhan budayanya mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Kabar baik bagi pecinta budaya pop Jepang, kalian bisa merasakan pengalaman yang baru dan luar biasa dalam Japan LovEvoution Malang. Selama satu hari mulai full pada tanggal 14 Februari 2016 bertempat di Universitas Widyagama Malang  pengunjung akan diajak untuk lihat makanan khas dan dapat membeli dari Jepang dan juga menikmati penampilan khusus dari musisi Indonesia dan Jepang dalam event yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini. Sementara untuk area makanan dan minuman, pengunjung seperti menikmati kuliner khas Jepang langsung di negaranya seperti takoyaki, okonomiyaki dan minuman dan makanan khas lainnya. Sedikit penjelasan makanan khas jepang seperti apa itu takoyaki dan okonomiyaki biar tidak penasaran, Takoyaki adalah salah satu cemilan Enak dari daerah Kansai, Jepang. Bentuk dari Takoyaki bulat kecil-kecil menyerupai bola pingpong. Di Jepang, Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan potongan gurita didalamnya. Ciri khas Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.
Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.
Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang bahan dasarnya adalah tepung terigu. Nah, tapung terigu tentu saja nggak sendirian, ada juga daging, kol, dan telur. Semua bahan dicampur dan ditambahkan air agar membentuk adonan yang selanjutnya digoreng sampai matang.
Memasak makanan ini nggak sembarangan lho, kalau di negeri asalnya, masak okonomiyaki biasanya menggunakan kote, semacam sendok berbentuk datar gitu. Fungsi kote adalah untuk membolak-balik okonomiyaki saat sedang digoreng. Setelah matang, bentuk dari okonomiyaki ini mirip seperti omelet lho. Tapi ada juga yang berpendapat kalau okonomiyaki itu itu martabaknya orang jepang hehe. Nah itu keseruan kegiatan Japan LovEvolution, Acara yang di selenggarakan di Lapangan, Kampus 2, Universitas Widyagama, Malang yang di selenggarakan tanggal 14 Februari 2016 sampai jumpa lagi di event – event berikutnya yah . *dfi